Kebangkitan Nasional

Kebangkitan Nasional, merupakan gerakan awal bagi perubahan bangsa Indonesia. Gerakan ini tak terlepas dari andil para pemuda. Mereka mendirikan sebuah organisasi yang bernama Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 di sebuah sekolah bernama Stovia. Para pendirinya adalah R. Soetomo, M. Soeradji, M. Muhammad Saleh, M. Soewarno, M. Goenawan, Soewarno, R.M. Goembrek, dan R. Angka.

Nama Boedi Oetomo di pilih karena memiliki nilai filosofis didalamnya. Boedi memiliki arti perangai atau tabiat, sedangkan Oetomo berarti baik atau luhur, Maka Boedi Oetomo mengandung arti perkumpulan yang ingin mencapai sesuatu berdasarkan atas keluhuran budi, kebaikan perangai serta kecakapan yang dimilikinya.

Begitu besar pengaruh berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Karena berangkat dari berdirinya oerganisasi itu, kian tumbuh suburlah semangat para pemuda untuk memperjuangkan nasib bangsa. Terlebih dengan derita yang dialami selama beratus tahun dibawah kolonialisme Belanda.

Pengaruh Kebangkitan Nasional, terbukti, dua puluh tahun kemudian dengan terselenggaralah Kongres Pemuda pada 28 Oktober 1928 yang menghasilkan Sumpah Pemuda. Kemudian yang lebih fenomenal lagi adalah dengan dideklarasikannya proklamsi kemerdekaan Indonesia. Semua itu tak terlepas dari momen kebangkitan nasional yang dipelopori oleh para pemuda.

Untuk itu mari bercermin pada momen Kebangkitan Nasional, sudah saatnya kita para pemuda untuk bergerak bersatu memajukan bangsa. Mulai dari skala kecil, memberdayakan lingkungan tempat tinggal dengan menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa. Seperti sebuah tema pada momen kebangsaan; Bangkitlah Indonesiaku dalam cinta dan cipta. (Fly)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s