Sekilas Tentang Hari Buruh

Hari Buruh yang biasa dikenal dengan sebutan Mayday diperingati setiap tanggal 1 Mei. Tanggal itu dipilih melalui hasil Kongres 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions, yang terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada pada tahun 1872. Dalam aksi ketika itu, para buruh berhasil menggoalkan tuntutan 8 jam kerja.

Aksi buruh itu berangkat dari gagasan dua orang pekerja, yaitu Peter McGuire dan Matthew Maguire. Gagasan mereka berangkat dari rasa hormat kepada para pekerja. Pada awal aksinya McGuire berbicara dengan para pekerja dan pengangguran untuk melakukan mogok kerja. Motif dari mogok kerja tersebut adalah ekses dari diberlakukannya jam kerja yang berkisar 19 hingga 20 jam perhari. Sehingga dipandang oleh mereka sebagai bentuk pengeksploitasian tenaga kerja yang dianggap diluar batas manusiawi.

Dalam aksinya itu, mereka membentangkan spanduk dengan slogan; 8 jam kerja, 8 jam istirahat, dan 8 jam rekreasi. Yang pada intinya adalah menuntut pengurangan jumlah jam kerja. Dari sebelumnya 19-20 jam kerja perhari menjadi 8 jam saja. Dan ternyata aksi tersebut lambat laun semakin banyak mendapatkan dukungan. Baik dari kalangan mereka sendiri, hingga para birokrasi.

Hingga pada akhirnya tuntutan mereka dibawa ke dalam kongres internasional organisasi para buruh di penjuru dunia. Kongres tersebut menetapkan sebuah keputusan untuk mereduksi jumlah jam kerja menjadi 8 jam perhari, sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Dan menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh dan hari libur kerja.(Fly)

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Buruh

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s